Rabu, 03 September 2014

4 Cara hapus garam berlebih di tubuh

Merdeka.com - Garam adalah bahan makanan yang sulit untuk dipisahkan dari masakan yang Anda olah. Sebab garam sendiri mampu memberikan rasa pada masakan Anda.

Tak hanya berbentuk dalam wujud asli garam saja, garam juga bisa Anda temukan dalam bumbu penyedap instan yang biasa Anda pakai. Oleh karena itu menambahkan garam jika Anda sudah memasukkan bumbu penyedap instan berarti konsumsi garam Anda berlipat ganda. Padahal beberapa penelitian kesehatan merekomendasikan Anda untuk membatasi garam hanya 3,75 gram per hari.

Konsumsi garam yang berlebihan hanya akan dapat mendatangkan berbagai macam penyakit mengerikan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan penyakit jantung. Seperti dilansir dari indiatimes.com, inilah cara untuk menghilangkan garam berlebih di dalam tubuh.

Banyak makan potasium
Potasium berfungsi untuk menurunkan tingkat natrium di dalam tubuh. Makanan yang mengandung potasium contohnya adalah pisang, plum, peach, jeruk, alpukat, bayam, dan kismis.

Minum banyak air
Minum banyak air adalah cara terbaik untuk mengeluarkan garam di dalam tubuh dan mampu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Oleh karena itu ganti minuman Anda yang mengandung soda atau kafein demi menjaga kesehatan tubuh.

Kurangi konsumsi makanan berpengawet
Makanan berpengawet mengandung garam tersembunyi di dalamnya. Sehingga kurangi konsumsi makanan jenis ini dan ganti dengan makanan yang lebih segar.

Tambahkan rempah-rempah
Rempah-rempah bisa berfungsi untuk menambah rasa dalam masakan. Rempah-rempah juga mampu menyembuhkan tubuh yang kelebihan garam. Oleh karena itu tambahkan rempah-rempah alami dalam masakan Anda yang memiliki manfaat ganda untuk kesehatan tubuh.

Sebenarnya tubuh telah memiliki alarm tersendiri jika banyak garam yang menumpuk di dalamnya. Salah satunya adalah munculnya rasa haus yang mampu mengikat air di dalam darah yang membuat tubuh Anda bekerja keras untuk mengalirkan darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar